Nama
Anggota :
1.
Berdiyanto Widiyastomo (11112334)
2.
Dwika Praja Wibawa (12112319)
3.
Fazal Alianzah Pane (12112836)
4.
Luthfi Dimas Saputra (14112284)
5.
Nur Hudha Haksono (15112461)
6.
Sukmawan (17112189)
I.
Latar Belakang Aplikasi
Uber adalah perusahaan
rintisan dan perusahaan jaringan transportasi asal San
Francisco, California, yang
menciptakan aplikasi bergerak yang
menghubungkan penumpang dengan sopir kendaraan sewaan serta layanan tumpangan. Perusahaan ini mengatur layanan penjemputan di berbagai kota di
seluruh dunia. Mobil dapat dipesan dengan mengirim pesan teks atau memakai
aplikasi bergerak khusus—pilihan terakhir juga bisa digunakan untuk melacak
lokasi mobil pesanan pengguna.
Awalnya, para sopir Uber menggunakan
mobil Lincoln Town Car, Cadillac Escalade, BMW 7 Series, dan Mercedes-Benz S550. Setelah 2012, Uber meluncurkan UberX, yaitu pengayaan jenis mobil agar
terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Pada tahun 2012 , Uber mengumumkan
rencana perluasan operasinya yang mencakup tumpangan menggunakan taksi.
Bulan Juni 2014, Uber mengakhiri periode
pendanaan yang menaikkan nilai perusahaan menjadi US$18,2 miliar. Meski
Uber belum merilis nama-nama investornya, Fidelity Investments diduga-duga merupakan investor
terbesarnya. Per Agustus 2014, perusahaan ini masih terlibat gugatan di
beberapa wilayah hukum dengan tuduhan operasi taksi ilegal.
II.
Tujuan Pembuatan Aplikasi
Adapun
sebuah tujuan aplikasi ini dibuat adalah sebagai alat bantu kita dalam memenuhi
kebutuhan transportasi privat di dalam kota. Disini yang saya garis
bawahi adalah aplikasi dan privat.
III.
Konsep Pembuatan Aplikasi
Konsep yang digunakan dalam pembuatan
aplikasi Uber Taxi ini adalah dengan menggunakan pendekatan metode SDLC (
System Development Life Cycle ) , konsep ini dikembangakn melalui beberapa
tahap sebagai berikut:
A.
Perencanaan
- Melakukan
pengambilan/pengumpulan data
- Melakukan
identifikasi masalah
B.
Analisa
permasalahan
Menganalisa
masalah yang terjadi di lapangan sebelumnya pemakaian jasa aplikasi pemesanan
taxi berbasis online yang sudah ada, dan membandingkannya dengan aplikasi yang
dibuat , serta dapay berkontribusi dengan apa yang terjadi nantinya setelah
dibuat aplikasi.
C.
Perancangan
Pada
tahap ini melakukan perancangan struktur navigasi, perancangan input output dan
perancangan tampilan aplikasi Uber Taxi.
D.
Implementasi
Membuat
serta memberikan sentuhan terakhirnya dengan pengisian kode program yang
sebelumnya tertera pada perancangan input output aplikasi
E.
Uji
Coba Aplikasi
Tahap
ini merupakan tahap uji coba program yang dihasilkan dari tahap implementasi
untuk mengetahui apakah fungsionalitasnya terpenuhi dan sesuai dengan rancangan
dasar penelitian.
IV.
Kerangka Pikir
Kerangka piker disini adalah efek sebelum dan
sesudah penggunaan aplikasi yang di buat terdapat 2 object yaitu pemakai
aplikasi (Penumpang) dan taxi itu sendiri , sebelumnya penumpang belum
menggunakan aplikasi dia harus memesan taxi lewat pinggir jalan ataupun di pull
taxi , tapi setelah menggunakan aplikasi pengguna hanya menggunakan aplikasi
dimana saja dan kapan saja untuk memesannya selain itu pengguna juga dapat
kemudahan Karen sang driver Uber juga menjemput ketempat dia memesan taxi.
I.
Rencana Pengerjaan Aplikasi
Berikut adalah rencana dan jadwal tahap
penelitian dilaksanakan per bulannya :
NO
|
Tahapan Penelitian
|
Jadwal Pelaksaan (Bln) ke
1 2
3 4 5
6 7
|
||||||
1.
|
Tahap Perencaan
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Tahap Analisis
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Tahap Perancangan dan Pembuatan
Aplikasi
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Tahap Implementasi
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Uji Coba
|
|
|
|
|
|
|
|
II.
Refrensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar